Pemikiran Tentang Belajar pada Pendekatan Kontekstual
1.
Proses belajar
· Belajar tidak hanya sekedar
menghafal. Siswa harus mengkonstruksikan pengetahuan di benak mereka sendiri
· Anak belajar dari mengalami. Anak
mencatat sendiri pola-pola bermakna dari pengetahuan baru, dan bukan diberi
begitu saja oleh guru
· Para ahli sepakat bahwa
pengetahuan yang dimiliki sesorang itu terorganisasi dan mencerminkan pemahaman
yang mendalam tentang sesuatu persoalan
· Pengetahuan tidak dapat
dipisah-pisahkan menjadi fakta-fakta atau proposisi yang terpisak, tetapi
mencerminkan keterampilan yang dapat diterapkan.
· Manusia mempunyai tingkatan yang
berbeda dalam menyikapi situasi baru.
· Siswa perlu dibiasakan memecahkan
masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi didrinya, dan bergelut dengan
ide-ide
· Proses belajar dapat mengubah
struktur otak. Perubahan struktur otak itu berjalan terus seiring dengan
perkembangan organisasi pengetahuan dan keterampilan sesorang.
2.
Transfer Belajar
· Siswa belajar dari mengalami sendiri,
bukan dari pemberian orang lain
· Keterampilan dan pengetahuan itu
diperluas dari konteks yang terbatas (sedikit demi sedikit)
· Penting bagi siswa tahu untuk apa
dia belajar dan bagaimana ia menggunakan pengetahuan dan keterampilan itu
3.
Siswa sebagai Pembelajar
· Manusia mempunyai kecenderungan
untuk belajar dalam bidang tertentu, dan seorang anak mempunyai kecenderungan
untuk belajar dengan cepat hal-hal baru
· Strategi belajar itu penting. Anak
dengan mudah mempelajari sesuatu yang baru. Akan tetapi, untuk hal-hal yang
sulit, strategi belajar amat penting
· Peran orang dewasa (guru) membantu
menghubungkan antara yang baru dan yang sudah diketahui.
· Tugas guru memfasilitasi agar
informasi baru bermakna, memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan dan menerapkan
ide mereka sendiri, dan menyadarkan siswa untuk menerapkan strategi mereka
sendiri.
4.
Pentingnya lingkungan Belajar
· Belajar efektif itu dimulai dari
lingkungan belajar yang berpusat pada siswa. Dari guru akting di depan kelas,
siswa menonton ke siswa akting bekerja dan berkarya, guru mengarahkan.
· Pengajaran harus berpusat pada
bagaimana cara siswa menggunakan pengetahuan baru mereka.Strategi belajar lebih
dipentingkan dibandingkan hasilnya
· Umpan balik amat penting bagi
siswa, yang berasal dari proses penilaian yang benar
· Menumbuhkan komunitas belajar dalam bentuk kerja kelompok itu penting.
5 Pilar Pendidikan
Learning to believe the God
Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
Learning to Know
Belajar utk memahami dan menghayati
Learning to Do
Belajar utk melaksanakan dan berbuat secara efektif
Learning to Be
Belajar utk membangun dan menemukan jati diri
Learning to Live together
Belajar utk hidup bersama dan berguna bagi orang lain
0 comments:
Post a Comment